Wednesday, January 18, 2012

Blackout! Melawan SOPA

Dunia serentak BlackOut Melawan SOPA

Undang-undang SOPA atau Stop Online Piracy Act membuat situs-situs raksasa mem-blackout pada 18 Januari 2012


Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi dunia digital dunia. Serentak Wikipedia, Wordpress, dan bahkan sang search engine Google menyatakan menolak Undang-undang SOPA, bahkan Wikipedia English pada hari ini, 18 Januari melakukan blackout atau pemadaman sementara situsnya selama 24 jam.

Apa sih SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) ini?


Awal pembentukan dua undang-undang ini adalah rencana pemberantasan pembajakan yang marak di internet, terutama PirateBay. Niatnya sungguh mulia. Apalagi bagi industri musik dan film yang sering terbajak dalam dunia maya. Namun sangat disayangkan, perencanaan SOPA dan PIPA malah menjadi ancaman. Bayangkan saja, secara otomatis dapat mem-blok sepihak mesin pencari atau search engine Google karena Google dapat menampilkan pencarian download musik ilegal.

Yang paling buruk, SOPA dapat menindak para pengiklan yang memasang iklan di situs yang dianggap melanggar. Contohnya begini: bila kita pengiklan dan mengiklan di suatu portal, dan portal tersebut dianggap melanggar oleh SOPA, ada kemungkinan situs kita juga akan ditindak. Hal ini cukup menggelikan.

Bayangkan bila Anda diminta me-review suatu album musik di blog kemudian SOPA menganggap blog Anda membajak karya seseorang. Padahal Anda mendapatkan CD album musik tersebut dengan legal. Hal ini sangat mungkin terjadi. Contoh kasus SOPA ini saya dapat dari blog Widi Asmoro

Nah bila sebuah situs dituduh melanggar tapi bisa membuktikan tidak bersalah, ya SOPA tidak akan mengganti rugi penutupan sementara yang telah mereka lakukan. Bahkan ganti rugi pemblokiran iklan dan bisnis yang dirugikan juga tidak akan dibayarkan.

15 November kemarin, search engine Google bersama beberapa situs seperti Facebook, Twitter, Wikipedia, LinkedIn, eBay, Mozilla AOL telah menulis surat terbuka kepada anggota senat. Bahkan Google juga mengajak untuk menandatangani petisi Google menolak SOPA.

Siapa yang akan menang? Jika diberlakukan, tahun depan saya cari kerja lagi...

Wordpress & Wikipedia Blackout

No comments:

Post a Comment