Wednesday, March 7, 2012

Search Engine di Indonesia

Search Engine Si Mesin Pencari Informasi di Internet

Sebuah search engine atau mesin pencari adalah sebuah program yang dibuat untuk mencari informasi tertentu berdasarkan kata kunci yang diinput. Hasilnya adalah sekumpulan data yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Bagaimana Search Engine Bekerja
Search engine bekerja menggunakan otak yang disebut algoritma. Masing-masing mesin mempunyai algoritma yang berbeda. Ketika seseorang menginput kata kunci yang disebut dengan query, sang mesin meluncurkan robot/spiders yang akan menjalar dari satu situs ke situs yang lain membaca kode pemrograman suatu situs, kemudian mengklasifikasikan situs tersebut dalam basis data miliknya sehingga mudah dicari oleh kita.

Cara Kerja Search Engine

Sang raksasa Google mempunyai cara yang unik dalam menemukan situs-situs yang tersebar di seluruh penjuru dunia maya dengan menggunakan link antar situs. Robot akan berpindah ke satu situs ke situs yang lain bila menemukan alamat link yang tertera.

Jadi, ingin halaman anda muncul di Google? Cara yang paling mudah adalah sebarlah link. Minta teman anda menyebutkan link situs anda di situs miliknya. Tapi hati-hati, jika terlalu banyak dan sporadis, akan dianggap spam lho.


Search Engine Di Indonesia


Penetrasi internet di Indonesia dimulai di sekitar tahun 1995,  saat itu Google belum meluncurkan produk mesin pencarinya. Yahoo! adalah search engine yang populer saat itu. Altavista, Lycos, Excite, Hotbot adalah sederetan merk mesin penggali informasi yang banyak digunakan orang.



Jumlah Pengguna Google Search
Saat ini ada lebih dari 16 juta pengguna Google dari Indonesia menurut Comscore Desember 2011. Mengalahkan jumlah pengguna Facebook itu sendiri. Kira-kira 10 ribu pengguna Google.co.id dan 6 ribu menggunakan Google.com dari Indonesia. Padahal di awal tahun 2011, Facebook merajai. Hal ini cukup masuk akal, karena setiap orang yang ingin mencari informasi di internet pasti mencari di mesin pencari.

Pengguna Facebook VS Google - Comscore Dec 2011

Kata Kunci Terbanyak
Kata kunci atau query yang paling banyak dicari dari Indonesia saat ini adalah "download" sebesar 45 juta per bulan, kemudian "lagu" sebanyak 20 juta per bulan dan "mp3" sebanyak 11 juta per bulan.
Keyword Terpopuler Indonesia

Kita harus mengakui, masyarakat Indonesia masih mencari gratisan di internet...


No comments:

Post a Comment