Thursday, January 5, 2012

Kaledioskop Digital 2011: Terkenal Lewat Youtube, Populer Dari Internet


Semua orang ingin terkenal. Lewat Youtube, search engine, media sosial dan blog.

Kaleidoskop versi mesin pencari Google; GoogleZeitgeist `menganugrahi` artis berumur 13 tahun Rebecca Black sebagai juara Global Fastest Rising Search 2011. Gadis ini adalah orang yang paling dicari oleh semua orang di dunia dengan menggunakan mesin pencari sepanjang tahun kemarin. Di Indonesia sendiri, Rebecca Black tidak terlalu terdengar, masih lebih sering terdengar Adele yang menyanyi Someone Like You, sayangnya Adele hanya menempati peringkat ke-7 di Zeitgeist. Fenomena banyaknya orang terkenal lewat internet ini semakin meningkat di 3 tahun belakangan ini, apalagi setelah suksesnya Justin Bieber.  Situs video sharing Youtube adalah media yang dipakai untuk meraih popularitas.

Menurut data yang disuguhkan oleh Zeitgeist, penyanyi muda ini mengunggah video musiknya di Youtube sebagai alat promosi dan mencapai lebih dari 160 juta penayangan. Bahkan pencarian di mesin pencari dengan kata kunci namanya sendiri naik hingga 10,000% dibanding tahun 2010. Grafik pencarian menanjak tajam di bulan Maret 2011 ketika CNN dan Washington Post memberitakan tentang dirinya.


Di Indonesia sendiri, tahun ini cukup dihebohkan oleh Briptu Norman yang mencoba terkenal lewat internet. Pencarian dengan kata kunci "briptu norman" pada mesin pencari terpopuler merekam adanya kenaikan di bulan April 2011. Kenaikan grafik dipengaruhi faktor pemberitaan di media konvensional, terutama televisi. Pasti saat itu infotaiment sedang banyak menayangkan pemberitaan tentangnya. Entah sudah berapa yang menonton di Youtube.


Grafik "Briptu Norman" di Google Selama 2011

Beberapa artis dan seniman musik juga mencoba peruntungannya di Youtube, mereka mencoba memainkan lagu secara live di depan webcam dan mengunggahnya di situs video sharing. Contohnya teman saya ini: Intan Ayu. Ketika saya masih aktif di industri musik, saya pernah membantu Intan Ayu mengurusi bisnis musiknya. Tahun lalu Intan Ayu menggunggah beberapa lagu di Youtube, Intan membawakan ulang Armada, Cardigans, Radiohead. Sayangnya tidak dilanjuti. Teman lainnya adalah, Dhendy Mawardi, baru memulai proyek pribadinya di tahun ini. Saya sempat membantu memberi saran optimisasi Youtube dan optimisasi search engine. Dhendy Mawardi cover version project tiap minggunya menggunggah video dirinya bermain gitar dan menyanyikan ulang lagu dari artis populer.


Bagaimana menjadi terkenal lewat Youtube? Search Engine Optimization (SEO) dan Youtube Optimization adalah jawabannya. Jika mengincar kata kunci yang tepat dan mudah ditemukan, pasti anda jadi terkenal.

Jadi, mau terkenal?

No comments:

Post a Comment