Tuesday, December 20, 2011

Kaleidoskop Digital 2011: Perang Gadget di Search Engine

Search Engine Google mencatat pencarian populer untuk kategori elektronik dikuasai oleh Apple dengan produknya iPad 2, iPhone 4S dan bahkan rumor iPhone 5. Tidak cuma varian produknya, Apple ikut menguasai tren pencarian search engine dengan kata kunci "Steve Jobs".

Sang raksasa buah-buahan sebaiknya tidak tinggal diam, karena the-mighty-asians membayangi kesuksesan varian produk gadgetnya. Samsung, produk asal Korea tidak lagi memperhitungkan LG sebagai kompetitornya, tidak tanggung-tanggung, Samsung mengincar kepala sang raksasa. Hampir di setiap negara di dunia ini, search engine Google merekam Samsung juga ikut andil di beberapa chart Fastest Rising Electronic. Tidak hanya di negara-negara tertentu, namun di chart global search.

Chart global search, produk asal Korea ini menduduki peringkat ke 8 dengan Nexus Prime-nya, di Amerika Serikat ada di peringkat ke 4 di kategori Cell Phones dengan Galaxy-nya, di Asia Tenggara Galaxy S2 ada di peringkat 8 Singapura dan peringkat 5 Malaysia. Di dunia search engine, beberapa kali saya melihat smartphone berkekuatan Android ini menguasai Google Paid Search atau Search Engine Marketing (SEM).

Berita perseteruan dua produk ini sudah dimulai di tengah 2011 dengan berita penuntutan Apple ke Samsung di bulan Mei. Tapi ternyata perang tetap memanas hingga akhir tahun ini. Bahkan di beberapa iklan, mereka menyindir dengan frontal.
  

Ada yang menarik perhatian saya ketika melihat grafik laporan search query tahunan Google Zeitgeist kategori Fastest Rising Electronic, bukan produk buah dan produk korea yang bertengger di puncak peringkat. Namun gadget bernama: Amazon Kindle Fire.

Sayangnya, gadget yang membuat penasaran ini tidak rilis di Indonesia. Penasaran juga kan?


Fastest Rising Consumer Electronic - 2011

No comments:

Post a Comment