Monday, December 19, 2011

Kaleidoskop Digital 2011: Myspace Hancur, Industri Musik Berduka

Ratusan-ribuan-atau bahkan jutaan band harus berterima kasih kepada Myspace. Termasuk diri saya dan band trip hop rasa Indonesia: Everybody Loves Irene. Saya masih ingat betul Myspace menyelamatkan jutaan band-lebih khususnya indieband di-seluruh dunia. Untuk di Indonesia, jejaring sosial ini mempunyai andil membangkitkan semangat untuk menghidupkan kembali industri musik yang lesu. Saya bergabung dengan Everybody Loves Irene sekitar tahun 2004, kala itu band tersebut di tengah pengerjaan materi album pertamanya. Myspace dipilih menjadi media promosi karena media yang paling efektif. 80% target market pendengar kami memiliki akun di jejaring sosial ini. Tak disangka, Everybody Loves Irene mendapatkan banyak rejeki dari Myspace. Sempat menjadi top #1 band from Indonesia, dirilis oleh label Jepang, bahkan tur keliling Asia Tenggara.


Lily Allen adalah salah seorang yang memulai karir musiknya dengan mengunggah karyanya di Myspace di tahun 2004 dan berakhir dengan kontrak besar dengan label musik di akhir 2005, setelah kesuksesannya, seluruh orang yang bermimpi menjadi musisi mulai membuat akun di Myspace. Tak mau ketinggalan, seluruh band besar dan label raksasa pun membuat akun di Myspace.

Google melaporkan dalam trending topic tahunannya Google Zeitgeist, bahwa Myspace adalah kata kunci yang paling jatuh sepanjang 2011 ini, ya Top Fastest Falling Search Query in 2011. Bahkan Comscore melaporkan bahwa Myspace kehilangan 20 juta pengunjung unik per bulannya.

Myspace is Fastest Falling on Google Zeitgeist 2011


Tadinya saya berharap Myspace akan menjadi penyelamat industri musik lokal yang belum stabil akibat peralihan format dari fisik menjadi digital. Tapi dunia digital ini memang kejam, raja tahun lalu bisa menjadi budak di tahun ini.

Dan saya pun harus membuang jauh-jauh pemikiran optimis ketika melihat search query Google menunjukkan angka 7,4 juta pencarian per bulan untuk kata kunci "download lagu" dibanding kata kunci "beli lagu" yang hanya dicari 1,300 per bulan.



Everybody Loves Irene is one of "Raja Myspace" - Hai Magazine


**Tulisan ini saya dedikasikan untuk Myspace yang telah berjasa besar dalam hidup saya menjadi seorang musisi.


1 comment:

  1. MySpace your space...
    btw, no music service can be the industry savior.. well.. we have to work together

    ReplyDelete