Monday, December 19, 2011

Kadeidoskop Digital 2011: Trending Topic versi Google

Kadeidoskop biasanya dibuat oleh media-media saat akhir tahun datang.  Ternyata Google pun tak mau ketinggalan membuat kadeioskop tiap tahunnya, yaitu membuat list pencarian terbanyak tiap tahunnya. Semacam trending topic versi Google.

Sebelumnya, mari berterima kasih kepada Twitter yang menggemparkan dunia digital Indonesia di 2 tahun terakhir. Berkat jejaring sosial ini, banyak manusia Indonesia mengenal frase "Trending Topic". Trending topic di Twitter tiba-tiba menjadi barometer apa yang sedang menjadi topik terhangat, apa yang sedang hype, dan apa yang sedang uber-cool saat ini. Bahkan beberapa brand ingin menjadikan trending topic sebagai KPI (Key Performance Indicator) untuk beberapa campaign-nya.

Ternyata Google sebagai mesin pencari atau search engine juga mempunyai trending topic yang bernama Google Zeitgeist. Bukan barang baru sih, Zeitgeist sudah berjalan dari 2001, tetapi baru sebagian orang yang mengetahui Google Zeitgeist. Saya pribadi baru kenalan dengan Zeitgeist tahun 2009 kemarin.

Google zeitgeist tahun 2011 sudah rilis di awal minggu ini, tidak diragukan "Steve Jobs" menjadi salah satu search query dunia paling melejit, namun masih kalah dari Google+, Ryan Dunn dan iPhone 5.

Ternyata di Google Zeitgeist 2011 masih belum bisa mengambil data berdasarkan regional Indonesia. Padahal tetangga kita Singapura dan Malaysia telah ikut andil dalam bagian Zeitgeist dari tahun 2008. Semoga 2012 Indonesia bisa turut serta. Nah inilah dia: Google Zeitgeist , mungkin berguna bagi Anda yang ingin membuat kaleidoskop 2011 di media Anda.


Zeitgeist 2011: Kaleidoskop Digital 2011

No comments:

Post a Comment