Thursday, December 13, 2012

Split Album thedyingsirens - Pop Up

Split album thedyingsirens - Pop Up ini dirilis 12 Desember 2012 kemarin. Pugar Restu Julian atau Uga 'memaksa' untuk mereview split album thedyingsirens - Pop Up di blog ini. Baiklah!


Persamaan thedyingsirens dengan Pop Up terletak pada Uga, sebelum membentuk thedyingsirens, Uga adalah pemain drum di Pop Up.

thedyingsirens
Bedanya, di thedyingsirens, Uga tidak lagi bermain drum, dia berpindah menjadi front-man dan singer-songwriter. Dalam press releasenya semua instrumen inti seperti drum, bass, akustik gitar dan vokal diisi sendiri olehnya. Dapat disimpulkan bahwa thedyingsirens adalah one-man band.


Pop-up
Pop-up adalah band yang mengusung genre pop dengan vokal utama wanita. Anggotanya terdiri atas Ita pada vokal, Arfi pada keyboard, Danu pada gitar, Wisnu pada bass. Dan Yudhis sebagai additional drummer. Pernah merilis EP berjudul Earliest Beginning di tahun 2000 dan single digital yang dibagikan gratis di tahun 2011 dengan judul Setiap Kali Kita Ucapkan Selamat Tinggal.


Split Album thedyingsirens - Pop Up
Split album biasanya dilakukan oleh band punk atau hardcore karena biasanya durasi lagu yang cenderung lebih cepat, biasanya 20 menit bisa untuk 10 atau 12 lagu. Oleh karena itu ada lebih dari 1 band. Apalagi untuk rilisan fisik yang mendapat jatah 60-90 menit untuk sebuah album. Di Indonesia split album tidak terlalu populer, bahkan di era kejayaan rilisan fisik (vinyl/kaset/CD).

Di era digital seperti sekarang ini, sebenarnya sudah bisa keluar dari aturan yang ada; seperti album harus lebih dari 7 lagu atau berdurasi minimal 40 menit. Sejujurnya thedyingsirens maupun Pop Up dapat saja mengklaim bahwa 6 lagu miliknya adalah album baru rilisan mereka tanpa harus disatukan dalam split album. Apalagi dirilis secara digital. Kecuali di masa mendatang mereka akan merilis rilisan fisik.

Masing-masing band mempunyai lagu jagoan di split album ini, Lagu tema cinta naik turun yang berjudul Our Times Our Feelings (track 1) merupakan jagoannya thedyingsirens. Sedangkan Pop Up memilih Taman (track 7) yang bercerita sesuatu yang absurd. Perpindahan dari track 6 ke track 7 dirasa sangat drastis, karena kedua band mempunyai genre yang cukup jauh.


Track List Split Album
thedyingsirens
1.    Our Times Our Feelings (3:41)
2.    The Falls Of The Idiot (4:13)
3.    The Rain Song (5:11)
4.    Philophobia (3:59)
5.    Lovely Eyes (4:43)
6.    Byebye (7:06)

pop up
7.    Taman (3:48)
8.    Spin The Bottle (3:58)
9.    Benarkah Kau Menangis? (3:24)
10.    Dissenting Opinion (5:40)
11.    Malam (6:10)
12.    Comfort Zone (4:35)


Rilisan Digital
Revolusi digital sangat mempengaruhi industri musik. Di Indonesia, industri musik masih malu-malu mempunyai terobosan untuk men-digitalisasi industri. Kepercayaan akan revenue dari penjualan fisik, merchandise dan manggung masih sangat besar. Padahal 5 tahun terakhir di negara-negara maju penjualan digital sudah menyumbangkan revenue yang tidak sedikit untuk band. Split album thedyingsirens - Pop Up ini membuat revolusi dengan merilis rilisan split album digital.

Ah bukannya sudah biasa?

Rilis digital free download sudah biasa. Terhitung dari tahun 2007, ribuan band asal Indonesia merilis dengan metode yang sama: download gratis. Tetapi kedua band ini memberanikan diri untuk menjual rilisan digitalnya di sebuah toko online. Yes, secara personal saya kurang menghargai band yang rilis download gratis, kecuali Radiohead. Pergerakan kedua band ini dalam merilis album digital ini patut diabadikan dalam studi kasus, minimal dalam blog ini lah. Semoga setelah ini mereka dapat bekerjasama dengan agregator musik digital untuk mendistribusikan ke tempat yang lebih luas seperti iTunes, Google Play, Youtube dan toko musik digital lainnya





Cara Mendapatkan Split Album thedyingsirens - Pop Up
Mereka berjualan di Multiply.com. Dijual dengan harga 25 ribu rupiah saja, silahkan klik link berikut untuk mendapatkan Split Album thedyingsirens dan Pop Up

Setelah klik "Buy Now" , silahkan lakukan pembayaran dengan KlikBCA, ATM BCA, Mandiri Clickpay, ATM Mandiri, atau XL Tunai.

Setelah transaksi, maka album digital akan di e-mail ke e-mail tujuan.


Search Engine
Diharapkan postingan blog ini memenangkan keyword "split album thedyingsirens pop up" di search engine Google kemudian men-drive traffic menuju Multiply dan akhirnya beli.


Review Album
Best track ada di Lovely Eyes dan Taman. Biar adil gitu.



Artwork




No comments:

Post a Comment

Post a Comment