Wednesday, January 4, 2012

Kaleidoskop Digital 2011: Adele Ada Di Search Engine dan Dimana-mana

Kaledioskop Digital 2011 kembali lagi, kali ini mencoba membahas sosok dari industri musik yang paling populer di Search Engine Google. 

Search Engine atau mesin pencari Google menempatkan musisi Adele di urutan ke 7 di kategori Global Fastest Rising. 

Siapa yang tidak kenal Adele? Musisi wanita asal Inggris melonjak namanya setelah merilis single "Someone Like You" Februari lalu. Hingga sekarang semua radio di Indonesia memputarkan single tersebut berulang kali. Bahkan beberapa teman musisi di timeline twitter saya; @selectapop merasa sebal dengan lagu yang terus-terusan di putar. "2011: you've been mind f*ed by Adele's Someone Like You" begitu tulisnya di akun mikro bloggingnya. Kawan saya, Dimas Ario juga sempat menuliskan Adele dan Kegalauan Masyarakat di blognya. Dan banyak orang mengklaim bahwa lagu ini adalah lagu paling galau sepanjang tahun ini.

Apa yang terjadi bila kita menuliskan kata kunci "Adele" di search engine Google? Ternyata ada lebih dari 300 juta hasil yang ditampilkan oleh sang mesin pencari. Grafik pencarian melonjak sekitar tanggal 28 Agustus hinggal 3 September '11, saat itu MTV sedang menyelenggarakan MTV VMA. Dan kata kunci  panjang yang dicari adalah "Adele Lyrics"

Google Zeitgeist menyuguhkan fakta yang cukup menarik, penyanyi asal Totenham ini paling banyak dicari di negara Trinidad, Mongolia dan Macedonia. Uniknya, 3 negara tersebut belum pernah didatangi oleh sang artis. 

Berikut lirik yang dicari-cari semua orang sepanjang tahun ini: 

Never mind, I'll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don't forget me, I begged
I remember you said,
"Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead,
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead, "
Yeah


NAH KAN, BENER?! Heran juga ya masih banyak yang mencari liriknya. Dengan perputaran yang cukup kencang di radio lokal, saya malah hafal dengan sendirinya.

Selamat Adele, nikmati rejekimu di tahun kelinci emas 2011. 

Search Adele Search

3 comments:

  1. ini anthem ul.. bagai lagu padi kasih tak sampai... tetaplah menjadi bintang di langiiiiiitttttttttttttttttttttttttttttt

    ReplyDelete
  2. ya udah kapan dah yuk karaoke, gua ga perlu liriknya wid. bagus kalo sambil nangis2...

    ReplyDelete