Wednesday, December 18, 2013

Mosaic Lego: Benyamin Sueb

Mosaic Lego Benyamin Sueb menghiasi sudut Lego Store Jakarta.  Mosaic ini menjadi karya satu-satunya aliran mosaic.





Akhirnya Lego Store Jakarta dibuka awal Desember 2013, pihak Lego Store mengajak para builder lokal untuk berkarya dengan tema Jakarta untuk dekorasinya. Teman-teman dari komunitas Lego memutuskan untuk membuat beberapa landmark Jakarta antara lain Monas, Pancoran, Transjakarta, Gedung Intiland, Wisma BNI.

Sayangnya kali ini saya pribadi tetap ingin fokus berkarya sesuai genre Mosaic. Akhirnya mengajukan mosaic foto diri Benyamin Sueb dari Lego

Siapa Benyamin S
Beliau seniman yang memperjuangkan kesenian Betawi. Awalnya Benyamin berkarir sebagai pemain teater, kemudian berkembang menjadi seniman multi talenta. Mulai dari pelawak, pemain film, hingga musisi.

Bagi orang-orang kelahiran tahun 80an mungkin cukup kenal sosok Benyamin S.  Minimal kenal sebagai Babeh di sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang ditayangkan RCTI. Tapi bagi adik-adik kita, atau bahkan anak-anak kita yang lahir di era tahun 2010, mereka sudah tidak mengenal Benyamin S

Faktor tersebut yang mendorong membuat karya mosaic Bang Ben ini.

Banyak anak yang nggak tau kalau Benyamin S adalah pahlawan Jakarta. Memang sih beliau bukan pahlawan yang membebaskan Jakarta dari korupsi, banjir atau kemacetan. Beliau memperkenalkan budaya Betawi hingga di akhir hayatnya.

Mudah-mudahan anak yang ke Lego Store akan bertanya ke orang tuanya, siapa beliau, dan sang orang tua akan bercerita tentang kisah Bang Ben.



Lego Bang Ben
Karya ini didukung penuh oleh PT. ALJ selaku importir Lego. Mereka mendukung untuk menyediakan part Lego untuk membuat karya ini. Menghabiskan baseplate 32 stud berjumlah 9 buah dan lebih dari 5,000 part bricks. Salah satu karya terbesar hingga saat ini. Ukurannya sebesar 76 cm x 76 cm. Sama dengan Lego Mosaic Wedding. Saat display, teman-teman dari komunitas Lego membuatkan tripod dan frame agar terlihat indah.

Dokumentasi










No comments:

Post a Comment