Monday, October 1, 2012

Jokowi Pun Menang di Search Engine Bulan September




Jokowi menang jadi Gubernur DKI! Di bulan September 2012 ini mungkin headline yang selalu ada di media apapun. Di bulan September 2012 ternyata Jokowi tidak hanya bersaing dengan Foke saja di dunia search engine


Jokowi vs Foke
Banyak kejadian menarik selama bulan September 2012 ini selain pilkada DKI yang revolusioner. Jokowi, walikota Solo yang berprestasi dan sering memberontak, cukup mengambil hati masyarakat DKI untuk memilihnya menjadi gubernur DKI. Fauzi Bowo atau Foke merupakan saingan berat Jokowi, namun warga DKI ingin mengubah Jakarta dengan memilih Jokowi. Selama bulan September 2012, pencarian dengan kata kunci "Jokowi" di mesin pencari Google melejit tinggi sejak 8 September, dan mencapai puncaknya di tanggal 19 September 2012, meninggalkan jauh kata kunci "Foke". Menurut Google Insight, pada tanggal 19 September, kata kunci "Jokowi" mencapai 100 poin, sedangkan "Foke" hanya 26 poin saja.

Gangnam Style
Jokowi tidak hanya bersaing dengan Foke saja selama September 2012, kata kunci "Gangnam Style" adalah saingan terberatnya. Single yang dirilis oleh rapper korea PSY ini sempat heboh di Youtube. Di Google Indonesia, pencarian kata kunci "Gangnam Style" meningkat drastis dari tanggal 10 hingga 13 September 2012 dan akhirnya mencapai pencarian tertinggi di tanggal 18 September. Namun grafik pencarian "Gangnam Style" selama 7 hari stabil di poin 80 keatas.

Konser Noah
Dari musik dalam negeri, konser band Noah yang diselenggarakan di 5 negara dan disiarkan secara streaming di Youtube, sempat melenjit. Walaupun tidak seheboh Jokowi dan Gangnam Style namun kata kunci "konser Noah" adalah salah satu pencarian terfavorit di bulan September 2012.

iPhone 5
Yang terakhir adalah iPhone 5, gadget fenomenal produksi Apple ini selalu menghebohkan dunia. Kata kunci "iphone 5" melejit di tanggal 12 September 2012, kemudian semakin hari pencariannya malah makin menurun. Apa mungkin ini adalah indikasi bahwa masyarakat Indonesia tidak tertarik dengan iPhone 5 ?
September 2012 Google ID

No comments:

Post a Comment