Wednesday, October 3, 2012

Indomie 40 tahun - Mie Instan Search Engine

Indomie 40 tahun sudah ada di Indonesia sebagai makanan instan paling favorit, bagaimana Indomie di ranah digital dan search engine? Saya sih pinginnya ketika lapar dan mengetik "Indomie" , 2 detik kemudian tersaji di samping laptop!



Melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai Indomie 40 tahun , setelah membuat tulisan tersebut, tiba-tiba terpikir untuk men-Googling dengan keyword tersebut.

Apakah ada yang tau ada lebih dari 60ribu pencarian setiap bulannya dicari dengan kata kunci "Indomie"? Apa ya yang dicari oleh user dengan keyword ini? Pada kenyataannya yang kita temukan tidak terlalu menarik di 2 halaman pertama Google. Hanya ada situs resmi Indomie dan perusahaan tempatnya bernaung; Indofood. Selain itu kita dapat menemukan akun sosial media resmi dan tidak resmi brand ini. Selamat ya Indomie 40 tahun!

Kata kunci Indomie
Kata kunci terbanyak setelah "indomie" itu sendiri adalah "mie goreng indomie" dan "indomie goreng". "Cara membuat indomie" menempati urutan berikutnya, ini menarik, apakah masih ada yang belum tahu bagaimana cara membuat mie instan ini dan malah mencarinya di Google?

Berikutnya adalah "indomie jingle" dan "lagu indomie", sepertinya jingle iklan brand ini sudah mendarah daging. Berarti tidak salah Indomie 40 tahun mengadakan kontes membawakan ulang jingle iklan tersebut dengan versi sendiri.

Berikut ini adalah grafik di Google Insight untuk keyword "indomie", pencarian di Indonesia terus dicari sepanjang tahun selama 2 tahun ini, bahkan mengalahkan keyword generik seperti "mie instan" dan keyword kompetitor seperti "mie sedap"

Indomie di Google Insight
 Sekali lagi! Selamat ulang tahun! Indomie 40 tahun !

Cara membuat indomie yang enak
Kata kunci ini menurut Google Adword Keyword Tools dicari 36 kali sebulan dari Indonesia. Saya sih nggak percaya, sepertinya ada ratusan orang mencari kata kunci ini. Setiap setelah makan di warung Indomie, saya yakin, pasti Anda mengetik kata kunci ini di mesin pencari.

Hasil dari pencarian kata kunci ini tidak ada yang menarik di halaman pertama, kecuali dari Malesbanget.com , menurut mereka inilah cara membuat Indomie yang enak:

  • Mulai dengan memasukkan telor terlebih dahulu ke rebusan.
  • Setelah telor agak matang, cemplungkan Indomie.
  • Tuang bumbu-bumbu di mangkok
  • Setelah Indomie agak matang (kira-kira 1 menit), langsung tiriskan Indomie dan telornya.
  • Taro di mangkok.
  • Aduk-aduk.

  • Pernah mencobanya? Saya sih berjuta-juta kali mencoba hasilnya tetap tidak seenak tukang Indomie Kornet Keju.

    Keyword ini silahkan juga dicoba di Youtube, Oktober 2012 ini ada 2 video yang memberikan tutorial membuat mie instan ini.

    Jika Anda bertanya ke orang "eh gimana sih cara buat indomie yang enak?" dan orang itu menyuruh untuk meng-Google, bilang padanya, untuk kasus yang satu ini Google tidak dapat menjawabnya.

    Cara membuat Indomie yang enak? Google aja!


    Sentimen Negatif Indomie
    Sentimen negatif terhadap Indomie kerap kita temukan di search engine Google. Beberapa portal berita, forum, blog menuliskan tentang bahayanya Indomie. Sepertinya Indomie mengelolanya dengan baik, di Google baru terlihat di halaman 3 keatas, atau di bagian Google Berita. Ya, menyembunyikan saja, tidak dapat menghapus sentimen negatif di mesin pencari. Namun saya dan jutaan penduduk Indonesia lainnya peduli setan dengan sentimen negatif ini kan? Walaupun diberitakan berbahaya untuk kesehatan, kami semua masih mencintai dan mengkonsumsi Indomie! Selamat ulang tahun Indomie 40 tahun!

    Cerita Indomie
    Cerita Indomie adalah campaign yang sangat berhasil, baik di media konvensional dan di media digital. Setiap orang mempunyai cerita yang menarik tentang mie instan ini. Sayangnya tahun ini tidak dilanjutkan kembali, karena ternyata pencarian dengan kata kunci "cerita indomie" masih saja dicari.

    Indomie 40 tahun
    Selamat ulang tahun ya! Semoga makanan ini tetap enak dan semakin sehat!

    No comments:

    Post a Comment