Wednesday, July 18, 2012

Steve Wozniak ke Indonesia – Berbagi Untuk Tetap Berinovasi


Steve Wozniak ke Indonesia! Tentu semua Apple Fanboy (sebutan fans Apple) di Indonesia bersorak. Siapa yang tidak ingin mendengar sesi berbagi sang co-founder Apple Inc ini? Akhirnya saya berkesempatan bertemu saat Steve Wozniak ke Indonesia


Steve Wozniak atau iWoz adalah rekan Steve Jobs, atau boleh dibilang karyawan pertama Apple. Dunia mengenal nama besar Steve Jobs, namun faktanya ada dua Steve dibalik Apple Inc. iWoz memiliki sebutan lain seperti Wizard of Woz atau The Woz, karena kejeniusannya menemukan komputer personal pertama untuk penggunaan di dalam rumah secara pribadi. 

Steve Wozniak adalah seorang programmer dan computer engineer, begitu yang tertulis di Wikipedia. 17 Juli 2012 kemarin, 3 Ocean membawa Steve Wozniak ke Indonesia untuk berbagi pengalamannya. Steve Wozniak terus mengajak anak Indonesia untuk terus kreatif, jangan pernah meng-copy ide orang lain, duduk dan berpikirlah untuk menelurkan ide baru. Dari ide yang mustahil inilah Steve Wozniak membuat komputer mikro yang dipatenkan atas nama dirinya dan dipasarkan dengan merk Apple.  Steve Wozniak juga sempat berbagi, sewaktu ia dan Jobs menciptakan Apple 1, mereka tidak mempunyai modal dalam bentuk uang cash. Modal mereka saat itu hanyalah ide.

Dari twitter dengan tagar #stevewozID , beberapa peserta seminar menuliskan beberapa quote Steve Wozniak , berikut diantaranya yang kebanyakan saya ambil dari akun-nya Rene Suhardono


“I know what kind of life I want and shall always live based on that: Life is simple”



“You should not worry about being number one or on top. Worry about the benefit you can give to many”



“Q: “Do you think any company can ever beat Apple?” | Woz: “No. Because I don’t think about that”



“Take your time developing great products. Great things take time to develop”



“Don't just work for money. Do things that really matters for you”


Kalau saya pribadi, dari keseluruhan acara berbaginya Steve Wozniak ke Indonesia ini mengambil kesimpulan bahwa


“Ide brilian datang pas kepepet, dan jangan lupa cari temen yang bisa jualan ide brilian-mu itu”


Dan saya setuju yang diungkapkan Peter F Gontha saat menjadi speaker pembuka saat Steve Wozniak ke Indonesia, yaitu


“Kalau kita pintar, inovatif, dan kreatif jangan lupa untuk bekerja dan berteman dengan orang yang kaya” (dikutip dari akun twitter @bramadr)


Apa pun itu, pokoknya Steve Wozniak akhirnya pernah ke Indonesia!

No comments:

Post a Comment