Thursday, March 15, 2012

Mosaik Lego: Mao Zedong

Mao Zedong Sang Reformis Republik Rakyat Cina dalam karya mosaik Lego

Mao Zedong dikenal sebagai presiden pertama RRC dan tokoh penting dalam paham komunis dunia. Ia adalah salah satu pendiri Partai Komunis di Cina dan dianggap sebagai pemersatu rakyat Cina. Mao Zedong juga dikenal sebagai tokoh modernisasi Cina, setelah depresi berkepanjangan akibat perang, ia melakukan perubahan besar-besaran di berbagai sektor dengan tangan besinya. Walaupun dianggap diktator, Mao berhasil membangun Cina berkembang pesat menjadi salah satu negara industri dunia.

Sosok Mao menuai banyak pro maupun kontra. Di Indonesia, kumpulan sajak dan puisinya pernah dibukukan dan dijual untuk kalangan terbatas. Kali ini giliran saya memberikan penghormatan untuk Proklamator RRC ini dengan membuat potret diri beliau dalam Lego Mosaik. Dibuat dalam Lego baseplate ukuran 64 stud x 64 stud (kira-kira 40 inchi x 40 inchi) dengan 2 warna yaitu merah dan kuning. Karya ini juga sempat dipamerkan bersama karya Lego Mosaik Misfits  pada eksibisi No Boundaries di Bandung.

Foto Mao dari samping ini memang sengaja saya pilih karena foto tersebut telah menjadi trademark beliau.




Di dalam propaganda yang dibuat olehnya, beliau biasanya menyelipkan ikon foto dirinya yang berwarna merah




Dari ikon berwarna merah diatas, saya akhirnya menconteknya menjadi karya Lego Mosaik dalam satu malam. Berikut dokumentasi pembuatannya.



Tahap 1



Tahap 2

Tahap 3



Tahap 4 Pembuatan Mosaik Mao



Mao Zedong Lego Mosaik 
Mao Zedong Lego Mosaik
Foto diatas diambil sebelum saya paketkan ke Bandung untuk keperluan pameran. Sayangnya tidak ada dokumentasi saat pameran tersebut.




Lego dan Mao
Sebelumnya Mao Zedong pernah diabadikan dalam sebuah karya Lego minifigure oleh Andrew Becraft. Tidak cuma sang revolusioner Cina ini saja, Becraft juga membuat Stalin dan Che Guevara.

No comments:

Post a Comment